Memperbaiki web Yang terinfeksi Malware

Memperbaiki Website Terinfeksi Malware

Malware sering kali menjadi sesuatu yang sulit sekali kita hindari, akan tetapi bukan berarti tidak bisa kita hindari, banyak hal tentunya yang kali ini akan dibahas tetapi lebih merujuk kearah cara untuk memperbaiki ketika website kita terinfaksi malware sehingga dari sisi domain kita terkena blacklist/dinyatakan berbahaya.

Ketika website kita terindikasi malware, beberapa pesan eror akan muncul kedalam website kita contohnya seperti munculnya :

 

  • Eror the site ahead contains malware
  • Deceptive site ahead
  • The site has been masked as a phising site

 

Beberapa tanda diatas kerap menjadi simbol adanya website kita terinfeksi malware, kesalahan diatas tersebut tentunya dapat merugikan pemilik website bahkan beberapa kasus website terkena hack, terinfeksi malware, tidak hanya imbas kepada sang pemilik, akan tetapi pengunjung web pun akan terkena imbasnya melalui link atau iklan atapun lainnya.

Google sendiri akan menandai website yang mereka curigai dan tidak aman tentunya dikarenakan hal tersebut memicu adanya kontra atau memicu kearah tindak yang tidak menyenangkan seperti website tersebut terindikasi memiliki link phising, atau sejenisnya yang berdampak merugikan orang banyak. 

Sebagai alternatif google sendiri memfasilitasi kita untuk bisa melakukan pengecekan terhadap website yang kita buat atau yang kita akan akses untuk dianalisa apakah dalam web tersebut terdapat virus atau tidak. Berikut link nya dan contohnya klik disini

Langkah untuk menghilangkan malware pada website “The site ahead contains harmful program”

Setelah diatas mengetahui penyebab eror, sekarang saatnya masuk ke cara memperbaikinya, tapi sebelum itu kita harus cermat dalam melakukan perbaikan terhadap website kita kunci pertama yaitu tentunya kita dapat melakukan pengecekan terhadap website kita, pengecekan ini merujuk kepada backdoor yang berada dalam file web kita

Backdoor ini berfungsi untuk mengakses sistem aplikasi atau jaringan tanpa harus melewati proses authentikasi dengan mekanisme ini, peretas web kita dengan mudah masuk/mengakses sistem yang ada didalamnya maka dari itu penting kita untuk mencari dan menghapusnya terlebih dahulu. Jika sudah barulah kita bisa menghapus malware yang ada dengan cara:

Langkah 1 : Menelusuri Penyebabnya

Kita ambil 1 contoh yaitu wordpress, menghapus virus atau malware pada WordPress secara manual akan membutuhkan waktu yang lama, maka dari itu sebagai opsi kita dapat menggunakan tool bernama sucuri berikut linknya sebagai referensi disini

Tools ini menyediakan layanan keamanan web, dan tentunya fungsi utamanya untuk menemukan letak malware atau virus pada file wordpress kita. Jika sudah makan kita memiliki pilihan untuk action selanjutnya yaitu kita bisa melakukan backup dan restore file web kita tentunya sebelum website kita terinfeksi virus/ walware, dan untuk opsi kedua kita dapat secara manual melakukan penghapusan file yang sebelumnya telah kita scan.

Langkah 2 : Menggunakan Clamav pada Panel kontrol

Langkah yang satu ini yaitu kita akan mengecek secara keseluruhan isi didalam panel kontrol kita apakah terindikasi malware atau virus sejenisnya, tidak hanya scan, akan tetapi dapat kita melakukan karantina didalam tools ini. Kita dapat melakukannya dengan cara :

 

  • Login ke cPanel.

 

Setelah login ke cPanel, kita bisa mencari clamav/ Virus scanner seperti gambar dibawah ini :

 

  • Lakukan scan satu persatu

 

 

  • Setelah itu jika terdapat atau terinfeksi virus kita dapat melakukan karantina terhadap hasil scan kita.

 

Langkah 3 : Melakukan review ke google Webmaster

Langkah ini termasuk langkah penting juga, google sebelumnya mendeteksi web kita berbahaya, mengandung hal yang dapat merusak sumber-sumber lainnya,

maka dari itu setelah kita melakukan pembersihan terhadap web kita atau file-filenya, langkah berikutnya yaitu melakukan sumbit ke google webmaster

Fungsinya apa? Fungsinya itu meminta google untuk melakukan review pada website kita, jika sudah kita sumbit maka kita dapat lihat laporan terhadap website kita dalam menu security issue dan tentunya memerlukan waktu 2 sampai 4 hari, jika memungkinkan website kita sudah aman maka selambat-lambatnya 7 hari website kita akan kembali normal.

Kesimpulan:

Kita sebagai administrator website kita sudah sepantasnya menjaga website kita agar tetap aman, maka dari itu penting untuk kita mengetahui cara untuk menjaga web atau file web kita agar tetap aman, jikalau pun web kita mendapati virus atau malware didalamnya, kita sudah harus mengerti cara mengantisipasi dan memperbaikinya. 

Selalu melakukan scan terhadap website, tetap dalam protokol yang baik dalam membangun sebuah website yang aman untuk diakses khalayak banyak itu adalah kunci agar website kita untuk terus aman dan normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *